John Lennon & Yoko Ono Love Story “Peaceful Life”

John Lennon & Yoko Ono Love Story “Peaceful Life”

Halloo, balik lagi nih weeeps, seperti biasa kali ini kita akan sedikit membahas tentang salah satu konsep design kita pada episode 6 kali ini, yaitu kisah cinta sang legenda musik berasalkan dari Inggris Britania Raya, John Lennon dan sang kekasihnya yaitu Yoko Ono.

John Winston Lennon, atau kerap kita sebut John Lennon ini lahir pada 9 Oktober 1940, Liverpool, Inggris Britania Raya. John sendiri adalah pentolan dari band legend inggris, yaitu The Beatles. John sangat dikenal dimata dunia tak hanya sebagai musisi, penulis, seniman, atau bahkan pemimpin The Beatles, tapi John juga dikenal sebagai aktivis politik perdamaian dunia.

Dengan sifat sinisme John, dan optimisme sang partner Paul McCartney, dengan membawakan bendera The Beatles mereka berdua mampu memberikan warna indah dalam sejarah musik dunia. Dalam karir bersama The Beatles, John memiliki karir sebagai musisi yang sangat luar biasa.

Kurang afdol rasanya, jika kehidupan rockstar tidak diisi dengan kisah percintaan. John Lennon menikah untuk pertama kalinya dengan Cynthia Powell pada 23 Agustus 1962, dan diberkahi seorang anak bernama Julian Lennon yang lahir pada 8 April 1963. Kisah cinta John dengan Cynthia sangat dirahasiakan dari publik, bahkan dari mulai pernikahan mereka, hingga sang anak Julian Lennon lahir pun tidak dipublikasikan untuk umum. Dikarenakan John tidak ingin menyakiti hati para fans wanitanya.

Tapi tidak untuk kisah cinta John dengan Yoko Ono. Dimana hubungan perselingkuhan John dengan Yoko banyak menyebabkan kontroversi dimata dunia, dan para fans The Beatles. Kisah cinta John dengan Yoko, menyebabkan hubungan pernikahan John dengan Cyhntia berujung kandas. Hubungan pernikahan yang hanya bertahan selama 6 tahun, dimana mereka bercerai pada 8 November 1968.

Yoko Ono adalah seorang seniman, sekaligus musisi asal negeri sakura, Jepang. Yoko lahir pada 18 Februari 1933, Tokyo, Jepang. Dimana umur Yoko dan John berbeda cukup jauh, Yoko lebih tua 7 tahun dibandingkan John. Sebelum menikah dengan John, Yoko sendiri adalah janda, Yoko sempat menikah dengan Ichiyanagi Toshi, dan Anthony Chox yang diberkahi seorang anak bernama Kyoko Chan Chox.

Kisah cinta mereka berawal dari sebuah pertemuan pada akhir tahun 1965, ketika Yoko menggarap sebuah proyek musik untuk buku John Cage, Notations, di London, dan pada moment itu John membantu proyeknya. Mereka bertemu lagi pada 9 November 1966, ketika Lennon pergi ke Indica Gallery di London, dimana Yoko sedang mempersiapkan pameran seninya, dan disitulah kisah cinta mereka dimulai.

Kali ini, kisah cinta John dengan Yoko sangatlah berbeda, dimana saat hubungan bersama dengan Cynthia sangat dirahasiakan. Bersama Yoko, keduanya bebas memperlihatkan hubungannya ke publik. Hubungan cinta John dan Yoko semakin lama semakin mengental, merasakan hubungan mereka sudah mengisi kehidupan satu sama lain, mereka menunjukan jiwa seni mereka, dan kualitas hubungan mereka dengan berkali-kali melakukan kolaborasi dalam musik, lukis, maupun membuat buku.

Album pertama yang mereka produksi berdua yaitu Two Virgins, dimana sempat menjadi kontroversi karena menampilkan foto tanpa busana mereka di sampul album tersebut.

Pada tanggal 20 Maret 1969, setelah setahun John bercerai dengan Chyntia. John, dan Yoko melanjutkan hubungan mereka ke dalam pernikahan. Dunia menyaksikan pernikahan itu sebagai bagian dari sejarah musik dunia. John dan Yoko mengabadikan pernikahan mereka dengan merilis album kolaborasi antara keduanya pada Wedding Album, Live Peace in Toronto 1969, Some Time in New York City dan Double Fantasy.

Pilihan John terhadap Yoko kurang lebih berdasarkan atas keinginannya untuk memberontak terhadap nilai-nilai konservatif masyarakat Inggris. John tidak ingin mempunyai citra sebagai seorang gentleman Inggris yang mapan dan bahagia, seorang family man dengan istri, serta seorang putra, yang menjalankan hidup mereka dengan monotone.

Selepas kontroversi cover album Two Virgins, mereka kembali mencengangkan mata dunia. Dimana saat bulan madu mereka, John dan Yoko mengundang pers ke kamar tempat mereka berbulan madu di Amsterdam Hilton hotel, Kanada. Hanya dengan mengenakan pakaian tidur, John dan Yoko menyampaikan pesan perdamaian yang mereka lakukan demi menentang perang Vietnam kontra Amerika yang saat itu sedang berlangsung. Aksi dua sejoli ini dikenal dengan nama ‘bed-in for peace’. Dalam kesempatan itu keduanya melancarkan kampanye perdamaian dunia.

Dengan banyaknya kontroversi dalam hubungan mereka, pernikahan John, dengan Yoko disebut-sebut sebagai penyebab bubarnya The Beatles, band paling fenomenal di sepanjang sejarah musik dunia ini. Pertentangan para anggota The Beatles, seperti Ringgo, Paul, dan George mengatakan tidak sukanya mereka denga hubungan John dan Yoko dan ini menguatkan mata dunia untuk mencibir terhadap Yoko yang dinilai menghancurkan karir John Lennon bersama The Beatles.

Dimana akhirnya John harus memilih untuk meninggalkan The Beatles, untuk lebih memilih hubungannya dengan Yoko. Dimana pada saat itu George lah yang pertama meninggalkan The Beatles. Dan pada saat itu pula, secara perlahan anggota The Beatles yang lain pun membubarkan formasi bandnya tersebut.

John sebenarnya bukan orang pertama yang mau meninggalkan The Beatles,” katanya Yoko yang dikutip dari Huffington Post. “Kami melihat Ringo suatu malam dengan Maureen (istrinya) dan dia datang ke John dan saya, George menyatakan ingin keluar. Dari saat itu barulah George dan baru kemudian John yang hengkang dari formasi band The Beatles.

Paul McCartney adalah satu-satunya yang mau mempertahankan The Beatles. Tapi tiga lainnya berpikir Paul menganggap The Beatles sebagai band-nya, yang dimana John, Ringgo, dan George sangat tidak menyukai hal tersebut.

Paul sendiri mengakui bahwa Yoko bukan penyebab bubarnya Beatles.
“Dia tidak membuat grup bubar, saat itu grup memang sedang pecah,” kata McCartney, seperti yang dikutip dari The Guardian.

Begitulah kisah cinta John Lennon dan Yoko Ono, sebuah kisah percintaan yang sangat kuat meski di kelilingi banyak masalah, dan sindirian. John dan Yoko tetap memiliki sebuah cinta yang kuat ditengah sorotan dan pandangan miring dari banyak mata dunia.

Namun kenyataannya, pasangan ini memberikan pelajaran kepada dunia bahwa cinta lebih kuat dari segalanya, dengan cinta perdamaian pun tercipta. Seperti salah satu lagu Beatles yang ditulis oleh John Lennon, All You Need Is Love, dan Imagine yang John tulis dan rilis bersama Yoko Ono.

Oke weeeps itulah sedikit ulasan kita tentang kisah cinta John Lennon, dan Yoko Ono.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *