Cerita Singkat Kurt Cobain (Nirvana)

Cerita Singkat Kurt Cobain (Nirvana)

Halohaa weeeps, kita balik lagi nih ingin sedikit mengulas tentang salah satu konsep design kita di episode 6 ini, it’s all about The Grunge legend kita, Kurt Cobain.

Kurt Donald Cobain, lahir pada tanggal 20 Februari 1967, di rumah sakit umum Grays Harbor, Aberdeen, Washington DC, Amerika Serikat. Dilahirkan dari keluarga biasa, Ayah Kurt, Donald Leland Cobain berprofesi sebagai montir, dan ibunda Kurt, Wendy Elizabeth wanita berdarah keturunan Irlandia, yang berprofesi sebagai pramusaji sebuah restorant.

Kurt dilahirkan dari sebuah keluarga yang sangat sederhana, namun sangat kental dengan darah seorang musisi. Pamannya, Chuck Fradenburg, adalah personil band The Beachcombers, bibinya, Mari Earle adalah seorang pemain gitar, dan paman kesayangan Kurt, Delbert, adalah seorang penyanyi tenor dan pernah muncul di film ‘King of Jazz’ pada tahun 1930.

Di kota Aberdeen inilah kurt menjalani masa kecilnya, dimasa kecilnya Kurt menghabiskan waktu bermainya dengan menggambar karakter kartun Donald Duck, Mickey Mouse, dan Aquaman. Dimana saat umur Kurt memasuki usia 6 tahun, sudah terlihat bakat seni, Kurt mulai terus berkembang, dengan memainkan lagu lagu yang didengarnya di radio, lewat sebuah piano Kurt pun dengan mudah mengikuti nada-nada lagu tersebut.

Disaat umur 9 tahun, Kurt lebih suka diam, dan menyendiri. Dikarenakan pada saat itu ketegangan, dan perselisihan terus terjadi terhadap hubungan kedua orang tua kurt yang dimana pada ahkirnya berujung perceraian pada tahun 1976. Dan kurt mengungkapkan semua perasaan sedih, dan kesal disaat perceraian itu terjadi, lewat lagunya ” Serve The Servant” pada album In Utero, Nirvana yang dirilis pada tahun 1993.

Memasuki masa remaja Kurt di umur 14 tahun, kurt kembali mengolah jiwa seninya, membuat video, film sendiri, dengan sebuah kamera milik orang tuanya. Pada video, dan film ciptaannya tersebut, kita dapat menyimpulkan perasaan seorang Kurt Cobain, perasaan yang diselimuti oleh kegundahan hati, kegelapan akan kemarahan, dan pembrontakan jiwa Kurt. Dimana pada salah satu film yang dia ciptakan, Kurt sendiri berperan sebagai seorang musisi muda yang ingin melakukan bunuh diri dengan cara menyayat urat nadinya.

Lewat percakapan dengan seorang teman kurt pada saat itu, John Fields mengatakan, pada saat itu Kurt berkata, akan fantasinya, suatu saat nanti, ketika aku sudah menjadi musisi papan atas, dan terkenal, aku akan bunuh diri untuk menghilang dari itu semua dan bergabung bersam mereka 27clubs. Sedikit menyentil bukan, tutur John pada pers, pada hari dimana Kurt dikabarkan meninggal bunuh diri.

Pada masa itu pula, Kurt seorang remaja yang baru mengenal dunia narkotika, menghabiskan waktu, hari, dan karirnya bersama narkotika. Demi menghilangkan beban psikologis Kurt akibat perceraiaan kedua orangtuanya.

Menjalani sebagai seorang siswa sma, Kurt sering berpindah-pindah tempat tinggal. Dimana ahkirnya Kurt memutuskan untuk tinggal bersama sang paman Chuck. Paman Kurt, Chuck adalah seorang musisi band, Kurt menekuni, dan mempelajari cara memainkan gitar dengan Warren Mason, teman, sekaligus gitaris band sang paman. Pada momen itu Kurt meminta agar diajarkan cara memainkan lagu Led Zeppelin – Stairway To Heaven.

The Melvins, adalah salah satu band yang menginspirasikan Kurt dalam dunia seni musik. The Melvins sendiri adalah band beraliran punk, sebuah band lokal indie, berasalkan dari kota Montesano. Buzz Osborne, sang vokalis The Melvins, mengatakan bahwa, Kurt adalah seorang yang mempunya kepribadian unik, saat mengomentari kesuksesan Nirvana. Dimana Buzz juga mengatakan bahwa Kurt tadinya adalah anak yang tidak memilik masa depan, tapi musik mengubahnya menjadi seniman, bahkan jutawan.

Begitu berat jalan hidup Kurt, dan setelah Kurt hilir mudik mengasah jiwa seni bermain musiknya, ahkirnya Kurt memutuskan untuk membuat sebuah formasi band sendiri.

Kurt, bersama dengan Krist Novoselic, dan Aaron Burkhard sang penabuh drum, memulai awal karir mereka didunia seni musik pada Maret 1987. Dimulai dari mengikuti mini konser, hingga bermain di konser-konser indie pada saat itu, band yang dipimpin oleh Kurt ini, sangatlah nyentrik, dikarenakan mereka selalu tampil dengan formasi band yang sama, tapi penabuh drumm dan nama bandnya selalu berbeda disetiap konser yang mereka ikuti.

Kurt ahkirnya memutuskan, untuk membangun sebuah band yang lebih konsisten. Kurt bersama dengan Krist, berikut Dave Grohl (1990) ahkirnya mengibarkan bendera perdana band mereka Nirvana pada ahkir tahun 1988.
Nirvana dibentuk di Washington DC, Amerika Serikat, berformasikan Kurt Cobain sebagia Vokalis dan Gitaris serta sang pemimpin band, Krist Novoselic sebagai Bassist, dan Dave Grohl sebagai penabuh drumm tetap Nirvana yang selama ini selalu berubah bergantian. Nama Nirvana sendiri didapat dari sebuah program acara televisi tentang agama Budha, yang menginspirasikan Kurt untuk dipakainya sebagai nama band beliau, yang berartikan pencapaian kesempurnaan.

Dimana ahkirnya pada November 1988 single pertama, dan perdana Nirvana Love Buzz diedarkan untuk kalangan tertentu, kalangan indie lebih tepatnya. Banyaknya antusias, dan penikmat single tersebut, Kurt memutuskan untuk memberikan copy single tersebut kepada radio KCMU meminta untuk segera diputar. Dengan penuh harapan Kurt, dan personil lainya menunggu untuk mendengarkan single mereka diputar di radio. Dengan rasa cemas, menunggu hingga berjam-jam single mereka belum di putar di radio, Kurt menghubungi pihak radio, melalui telpon umum, dengan menyamar sebagai orang lain merequest untuk memutarkan lagu Nirvana – Love Buzz, barulah single tersebut mengudara dan menjadi sebuah ironi tersendiri bagi seorang rockstar merequest singlenya sendiri untuk diputarkan pertama kali pada awal kariernya. Dan hampir semua single yang Nirvana rilis adalah hasil karya Kurt sendiri.

Pada album pertama, dan perdana’nya ini, berjudulkan “Bleach” Nirvana sukses menancapkan bendera band mereka ke jajaran dunia musik internasional. Pada tahun 1991 Nirvana memutuskan untuk berpindah ke label musik dari sub pop, ke DGC (David Geffen Company) sebuah label musik lebih luas akan koneksinya, dan kucuran dana yang lebih besar. Selain DGC, Nirvana juga bergabung dengan Gold Mountain, sebuah perusahaan manajemen artis, dimana sang salah satu inspirator Kurt, Sonich Youth band punk kontemporer bernaung.

Sukses dengan album pertama mereka, Nirvana kembali mebuat album ke-2, direkam pada Mei 1991, dan selesai sebulan kemudian. Album ke-2 mereka adalah Nevermind, album pamungkas dari Nirvana, album yang sangat fenomenal, yang melambungkan lebih tinggi lagi nama Nirvana dalam jagat musik internasional.

Nevermind dirilis pada 24 September 1991, tak akan terbantahkan lagi, kesuksesan dari album yang bercoverkan seorang anak bayi laki-laki menyelam dalam kolam renang tersenyum menggapai secarik uang dollar US ini dapat menjual lebih dari 500 ribu keping pada saat itu.

Dimana ahkirnya pada tanggal 31 Oktober 1991, tepat pada hari halloween Nirvana mendapatkan penghargaan piringan emas, dan dimana pada saat itupula hampir seluruh frekuensi radio Amerika, Eropa, Brazil, Jepang, Australia, dan bahkan Indonesia memutarkan single yang fenomenal dari mereka yaitu “Smeels Like Teen Spirit”.

Di indonesia sendiri popularitas Nirvana, dapat menyaingi ketenaran GNR, Metallica, dan Sepultura pada tahun itu. Namun sangat disayangkan, disaat bendera Nirvana sedang asik berkibar di atas angin puncak nada tangga lagu Billboard US, saat itu pula sang pemimpin Nirvana, Kurt Cobain berkecanduan dengan heroin yang sangat amat parah, dikabarkan Kurt bahkan beberapa kali mengalami overdose terhadap Heroin, dan obat”an Anti Depresi.

Membicarakan kisah hidup para rockstar kurang gurih rasanya jika tidak adah kisah romantisme cinta. Kurt yang pada saat itu jatuh cinta terhadap Tobi Vail, vokalis dari sebuah band punk indie Bikini Kill. Seorang perempuan yang sangat di cintai Kurt pada saat itu 90-91, hampir dari keseluruhan single yang terdapat pada album Nevermind mengisahkan persaan Kurt terhadap Tobi.

Bagaimanapun cara Kurt untuk menaklukan hati sang vokalis tersebut, Tobi Vail mengaku tidak dapat sepenuhnya menerima cinta Kurt. Alhasil Kurt merubah haluan hatinya, Kurt kembali merasakan cinta, lagi-lagi ia jatuh cinta terhadap seorang vokalis band perempuan, seorang yang dapat menerima keseluruhan cinta dan hidupnya, dan menikah denganya yaitu Courtney Love, sang vokalis band beraliran post punk pada saat itu.

Kurt menikah dengan Courtney Love pada tanggal 24 Februari 1992, dengan gaun satin putih, dan sedang mengandung anak dari Kurt, Courtney Love resmi menikah dengan Kurt yang hanya memakai piyama tidur berwarna hijau di pantai Waikiki, Hawai.

Pada April 1992 untuk pertama kalinya Nirvana tampil sebagai cover majalah Rolling Stone. Dan ahkirnya dengan menunggu sang bayi lahir, Putri sang legend pun lahir pada tanggal 18 Agustus 1992, pukul 7 di rumas sakit Cedars Sinai, Los Angels. Frances Bean Cobain lahir tanpa dihadiri sang ayah, dikarenakan Kurt pada hari itu juga sedang di rawat bagian reahbilitasi ketergantungan narkotika jenis heroin, pada rumah sakit yang sama tempat Frances dilahirkan.

Juli 1992, setelah 2 tahun lamanya berkibar, album Nevermind milik Nirvana ahkirnya terlempar keluar dari chart billboard, Album Nirvana yang sangat populer tersebut mampu melampaui album Dangerous milik Michael Jackson, Kurt juga mendaptkan penghargaan sebagai penulis lagu terbaik pada usia 24 tahun, dan pada album ini pula Nevermind menghasilkan penjualan hingga 8 juta copy sampai saat terlemapar dari billboard.

Nirvana meliris album In Utero pada bulan September 1993. Berbeda dengan album sebelumnya kali ini lirik-liriknya sangat pribadi tentang perjuangan hidup Kurt. Nirvana pun memulai tur ke Eropa dan memulai konser MTV Unplugged di New York dan Eropa pada musim dingin 1993.

3 Maret 1994 Kurt mencoba melakukan bunuh diri di hotel Exelcior, Roma, Italy.
Dengan secarik kertas yang di pegangnya, Kurt menyatakan “Hamlet aku harus memilih antara hidup, atau kematian, aku lebih memilih kematian. Dan pada moment itu pula, media dan pers menyerbu Kurt, dimana CNN sempat memberitakan bahwa Kurt meninggal bunuh diri dengan cara overdose.

 

Dengan perasaan hati, dan tidak ingin mengecewakan orang” yang dicintai’nya ahkirnya kurt meng-iyakan untuk mengikuti proses rehabilitasi di Rs. Exodus Recovery Center, Los Angeles Center pada tanggal 30 Maret 1994, namun rehab ini hanya bertahan 2 hari, Kurt melarikan diri dan pulang ke rumahnya di Seattle. Mendengar berita tersebut Courtney sangat cemas, mimikirkan sesuat yang buruk akan terjadi, dimana sebelum itu Kurt sempat membeli sebuah senjata api berjenis senapan laras panjang sebelum melakukan rehabilatasi di Los Angeles.

Kurt tiba di rumahnya Sabtu dini hari 2 April 1994. Dia sempat menemui Michael Cali dan Jessica Hopper dua orang yang bertugas menjaga rumahnya sementara Frances bersama Courtney berada di Los Angeles yang tengah melakukan promo untuk album terbaru bandnya serta melacak keberadaan Kurt.

Kesuksesan, dan kepopuleran Nirvana yang datang begitu cepat dan tiba-tiba membuat Cobain kehilangan kontrol dirinya. Cobain sering merasa tidak nyaman dan frustasi karena pesan dan visi artistiknya telah disalahtafsirkan oleh publik. Selama tahun-tahun terakhir kehidupannya, Cobain berjuang untuk lepas dari kecanduan heroin, penyakit dan depresi yang sudah di alaminya sejak kecil.

Ahkirnya pada tanggal 8 April 1994, jenazah Kurt Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di 171 Lake Washington, Boulevard East, Seattle,
oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kepolisian kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.

The original photo released of the death scene of Kurt Cobain.

kurt-cobain-suicide-note

Sepeninggalnya Kurt Cobain, sang vokalis, sekaligus leader Nirvana, band yang dibesarkan oleh Kurt Cobain, yang melambung lewat single hits “Smells Like Teen Spirit” dianggap sebagai pelopor Generasi X, punggawa musik grunge yang ‘menghabisi’ era hard rock yang mulai surut di akhir abad 20. Dan Kurt Cobain dinyatakan sebagai juru bicara dari generasi ini.

Pada 8 April 1994 di usia 27 tahun, kembali menambah jajaran musisi legendaris yang meninggal di puncak popularitas.

Mulai dari Jimi Hendrix, John Lennon, Bob Marley, Stevie Ray Vaughan, Dimebag Darrell, Jim Morrison, Freddie Mercury sampai Kurt Cobain, dan Amy Winehouse, kematian mereka yang tiba-tiba membuat dunia tersentak sesaat dan bertanya, ‘mengapa?’

Penyebab kematian kurt dinyatkan sebagai tindak bunuh diri, hal ini terbukti karena adanya sebuah senjata api berjenis senapan laras panjang tergeletak diatas tubuhnya dan bekas tembakan yang melubangi kepala Kurt.

Sebuah pesan bunuh diri ditemukan di saku jaket Kurt, yang berisikan sebuah pesan maaf untuk para Fans, Sahabat, dan lebih untuk sang istri Courtney, dan sang putri Frances.

Bertepatan tanggal 10 April 1994 diadakan upacara pemakaman umum di Seattle Center. Jenazah Kurt kemudian dikremasi dan abunya sebagian disimpan oleh Courtney Love, istri Cobain, dalam boneka Teddy Bear, sebagian dibawa ke Biara Budha di Ithaca, New York untuk diberkati. Abu itu kemudian dicampur dengan tanah liat untuk dijadikan patung dalam ‘Kurt Cobain Memorial Park’.

Sisa dari abu Cobain ditaburkan oleh putrinya, Frances Bean Cobain, di sebuah sungai kecil McLane Creek, Olympia Washington, kota yang dianggap Cobain telah memberinya inspirasi musiknya.

Hingga saat ini Kurt Cobain tetap diingat dan memberikan inspirasi kepada para penggemar setianya, pada 13 Mei 2010 – 6 September 2010, Seattle Art Museum menggelar pameran bertemakan “Kurt” untuk memberikan penghormatan kepada beliau sang Legend Grunge, Kurt Cobain.

Dan salah satu quotes, kata” mutiara beliau yang sampai saat ini kita pahami sebagai pehaman kita kepada Kurt Cobain : ” Its Better To Burn Out Than To Fade Away”

Okey weeeps itu dia ulasan kita tentang sang legend, inspirator, dan idola kita Kurt Cobain, pembicara kaum generasi X, dan Grunge musik indie.

Author : A.A

Share this post

Comment (1)

  • ปั้มไลค์

    Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

    October 2, 2019 at 3:13 AM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *